Pengertian Karya Tulis Ilmiah dan Project Raspberry Pi

   Assalamualaikum wr.wb

   Kali ini saya akan membahas tentang "Karya Tulis Ilmiah dan Raspberry Pi" .kalian pasti bertanya-tanya "lha terus apa hubungannya Karya Tulis Ilmiah dengan Raspberry Pi?? o.O 
   Postingan ini merupakan pengalaman saya yang saya dapat dari Jurusan TKJ di SMK N 1 JEPARA. Beberapa minngu lalu saya dan kedua teman saya mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah dan kami tertarik dengan Raspberry Pi yang guru saya sarankan untuk dilakukan penelitian sembari membuat suatu alat menggunakan Raspberry Pi tersebut, sayangnya untuk membuat alat tersebut bahan-bahan yang diperlukan juga cukup sulit kami dapatkan.saya kira sampe situ aj ceritanya singkatnya :v. pertama-tama saya ingin menyampaikan pengertian dari karya tulis ilmiah.
   Karya Tulis Ilmiah yakni laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

karya tulis ilmiah
KTI
   Selanjutnya,Raspberry Pi.Raspberry Adalah komputer papan tunggal yang memiliki ukuran sebesar kartu kredit. Raspberry Pi bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti spreadsheet, game, bahkan bisa digunakan sebagai media player karena kemampuannya dalam memutar video high definition. Raspberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rasberry Pi Foundation yang digawangi sejumlah developer dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris. 
   Ide dibalik komputer mungil ini diawali dari keinginan untuk mencetak generasi baru programer, pada 2006 lalu. Seperti disebutkan dalam situs resmi Raspberry Pi Foundation, waktu itu Eben Upton, Rob Mullins, Jack Lang, dan Alan Mycroft, dari Laboratorium Komputer Universitas Cambridge memiliki kekhawatiran melihat kian turunnya keahlian dan jumlah siswa yang hendak belajar ilmu komputer. Mereka lantas mendirikan yayasan Raspberry Pi bersama dengan Pete Lomas dan David Braben pada 2009. Tiga tahun kemudian, Raspberry Pi Model B memasuki produksi masal. Dalam peluncuran pertamanya pada akhir Febuari 2012 dalam beberapa jam saja sudah terjual 100.000 unit. Kini, sekitar dua tahun kemudian, Rasberry Pi telah terjual lebih dari 2,5 juta unit ke seluruh dunia. Raspberry Pi memiliki dua model yaitu model A dan model B. Secara umum Raspberry Pi Model B, 512MB RAM. Perbedaan model A dan B terletak pada memory yang digunakan, Model A menggunakan memory 256 MB dan model B 512 MB. Selain itu model B juga sudah dilengkapai dengan ethernet port (kartu jaringan) yang tidak terdapat di model A. Desain Raspberry Pi didasarkan seputar SoC (System-on-a-chip) Broadcom BCM2835, yang telah menanamkan prosesor ARM1176JZF-S dengan 700 MHz, VideoCore IV GPU, dan 256 Megabyte RAM (model B). Penyimpanan data didisain tidak untuk menggunakan hard disk atau solid-state drive, melainkan mengandalkan kartu SD (SD memory card) untuk booting dan penyimpanan jangka panjang. Raspberry Pi merupakan komputer mini yang sangat murah, harganya hanya 25 dollar AS untuk Model A adapun 35 dollar AS utuk Model B per unit seperti itulah pemaparan saya mengenai Raspberry Pi,mungkin rada panjang tapi saya kira itu cukup jelas :D contoh gambar Raspi

Raspi
RaspberryPI
   Pasti ada yang bertanya apa sih yang bisa dibuat oleh Raspi ini?? :v TeEs PD :v 1. Raspberry Pi Based Micro Arcade Cabinet 2. Raspberry Pi Beet Box 3. Raspberry Pi Bartendro 4. Mobile Raspberry Pi Computer 5. Raspberry Pi Retro Rotary Dial Phone 6. Raspberry Pi Mini Nerf Gun Robot 7. Raspberry Pi Home Alarm Plus 8. Raspberry Pi Egg Bot 9. Raspberry Pi LED Matrix 10. Raspberry Pi Black Stripes V-Plotter,  itulah beberapa contoh produk atau benda yang dapat dibuat dengan Raspberry Pi,untuk lebih tau pembuatan dan contoh image dari data diatas bisa search mbah google tentunya :v sedikit cerita singkat mengenai lomba KTI yang saya singgung di awal kami membuat sebuah proyek yang tertera pada nomer 9 yakni "Raspberry Pi LED Matrix" karena dari semua proyek atau benda yang dapat dibuat dari Raspi LED Matrix yang menurut kami sesuai dengan kemampuan kami,walaupun sampai saat ini hal tersebut belum terealisasikan karena seperti yang saya katakan diawal bahan-bahan untuk membuatnya cukup sukar dicari diwilayah sekitar kami,mungkin dikota besar seperti jakarta pasti ada namun cukup susah tentunya. kurang lebih seperti inilah hasil KIR kami gunakan dengan bijak y :D , sekian dari post ini.
[UPDATE]
Udah sukses sob, pas ngerjain proyek akhir hari ini hehe

Wassalamualaikum wr.wb

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Pengertian Karya Tulis Ilmiah dan Project Raspberry Pi"

  1. Sangat berguna walaupun cuma singkat cerita.. ditunggu lengkapnya sob..

    ReplyDelete
  2. kepo bagian mana gan ntar tak kasih tau :D

    ReplyDelete
  3. Boleh minta kontaknya gak gan...minta bntuanyya beljar sungkem masta

    ReplyDelete

Rule Comments :

1. Komentar relevan (Sesuai dengan Topik).
2. Dilarang copas Artikel tanpa izin, hargai Penulis.
3. Dilarang spam.
4. Tidak boleh menaruh link, hidup ataupun mati.

Udah baca kan, Laksanakan ya sob :)