Cara Mudah Melihat IP Address Komputer / Laptop

logo
source img : kutazo.net
Assalamualaikum wr.wb

   Cara Mudah Melihat IP Address Komputer / Laptop - Sudah lumayan lama nggak update artikel nih mimin, di sibukkan tugas - tugas sekolah dan ujian - ujian karena udah kelas XII SMK semoga lulus yak :) terlebih lagi mbah meninggal belum lama ini, bantu doa supaya beliau ditempatkan disisi Allah SWT, Amin.
   OK to the point aja langsung, kali ini mimin akan membagikan cara atau tips trik seputar komputer atau bisa juga materi menyangkut TKJ yaitu Cara Mudah Melihat IP Address Komputer / Laptop , namun sebelumnya kita akan membahas apa itu IP Address.
   IP Address (Internet Protocol Address) adalah identitas berbentuk numerik, dalam hal ini komputer atau laptop yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi. Nah IP Address di bedakan menjadi 2 yaitu Statis dan Dinamis (DHCP), IP Statis adalah ip yang diberikan secara langsung atau manual oleh si pengguna atau user, sedangkan IP Dinamis adalah IP yang diberikan ISP atau sumber internet secara otomatis dan bersifat acak atau random. Secara sederhana menurut mimin mengenai IP Address adalah alamat suatu komputer / laptop yang terhubung jaringan, di ibaratkan alamat rumah si doi :v yang berada di kota X, Kec. X, Kab.X RT XX, RW XX , kira - kira seperti itulah :'v

Langsung saja simak langkah - langkah Cara Mudah Melihat IP Address Komputer / Laptop berikut
#Menggunakan CMD (Command Prompt)
1. Buka Run (windows + R) lalu ketikkan cmd
2. Ketikkan ipconfig, lalu enter
3. Lalu lihat pada IPv4 Address, itulah IP address kalian. Jika kurang jelas lihat gambar dibawah

1
# Melalui Control Panel
1. Buka Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center atau dengan klik icon Network pojok kanan bawah.

2

2.  Klik tepat di samping Connection seperti yang ditunjukkan gambar dibawah.

3

3. Lalu klik Details... akan ada jendela baru muncul dan lihat IPv4 Addressnya, itulah IP Address Komputer atau Laptop kita.
4

4. Untuk melihat jenis IP Address kita apakah Dinamis atau Statis bisa dilihat di Details tadi, diatas IPv4 Address. Jika DHCP enabled "yes" berarti Dinamis jika tidak berarti Statis.

   Sekian dulu mengenai Cara Mudah Melihat IP Address Komputer / Laptop semoga bermanfaat jangan lupa komen jika kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan. terima kasih sudah berkunjung ke berbagi kalau mood, maaf kalau ada salah kata dsb.

Wassalamualaikum wr.wb

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mudah Melihat IP Address Komputer / Laptop"

Rule Comments :

1. Komentar relevan (Sesuai dengan Topik).
2. Dilarang copas Artikel tanpa izin, hargai Penulis.
3. Dilarang spam.
4. Tidak boleh menaruh link, hidup ataupun mati.

Udah baca kan, Laksanakan ya sob :)