Top Level Domain : Pengertian, Fungsi serta Kelebihan Domain TLD

Domain

Assalamualaikum wr.wb

   Pengertian, Fungsi serta Kelebihan Domain TLD - Sudah tau apa itu Domain TLD? Sebenarnya sudah banyak situs yang membahas tentang definisi maupun pengertian tentang domain TLD, dan dapat mimin simpulkan bahwa domain TLD atau Top Level Domain, adalah akhiran pada nama domain yang mengindikasikan pemilik dan jenis domain, Domain TLD umumnya sering disebut dengan istilah

   Contoh Domain TLD, Seperti .gov (goverment atau pemerintah), .org (organisasi non profit), .mil (militer), .edu (pendidikan), .tv (televisi), .com (komersil) yang mimin gunakan, dan masih banyak lagi, domain yang mimin sebutkan tadi termasuk jenis domain gTLD (Generic Top Level Domain). Domain jenis ini adalah domain tingkat atas karena diperuntukan secara Global. Dan domain seperti  web.id, co.id, go.id dll sering disebut doman ccTLD (Country Code Top Level Domain). ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, misalnya Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dsb).

Nah terus apa sih Kelebihan atau Keuntungan yang kita peroleh jika menggunakan domain TLD?? Berikut mimin kemukakan Kelebihan menggunakan Domain TLD
  • Kepuasan Tersendiri
Ketika megunakan sub domain dalam hal ini blog google misalnya blogspot.com, kalian akan merasa "blog gw pasaran", "duh ada yang nyamai nama blog gw nih" dsb, Karenanya kalian akan merasa ada yang kurang karena menggunakan sub domain, kalian akan tergerak untuk membeli sebuah domain TLD yang membuat kalian merasa puas kaena mempunyai domain yang kalian sukai dan inginkan. Dan tentunya akan muncul rasa Percaya Diri dan semnagat dalam mengelola blog. Contoh nyata aja nih :v mimin sebelumnya menggunakan blogspot nah karena tmen ane udah make domain tld muncul keinginan untuk membelinya juga dan alhamdulillah ketika ada rezeki mimin langsung beli :v
  • Alamat Blog Mudah Diingat
Kelebihan lain dari domain TLD yaitu menyingkat alamat blog, dengan begitu akan memudahkan pengunjung dalam mengingat nama atau alamat suatu blog, cth muhnashi.com :'V gampang kan haha. Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan, karena pengunjung dengan mudah mengingat nama blog, besar kemungkinan mereka akan kembali lagi mengunjungi blog milik kita, iya nggak? :D tentu saja dengan catatan konten - konten yang tersaji berkualitas dan menarik perhatian pembaca (y)
  • Blog Terlihat Pro
Dengan mengganti sub domain bawaan blog ke domain TLD, maka blog yang dikelola semakin terlihat profesional. Profesionalitas sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya bagi para pengunjung, berbeda bila anda memutuskan untuk menggunakan sub domain bawaan saja dengan alasan gratis. Dengan menggunakan domain TLD maka terlihat bahwa kita terlihat serius dalam ngeblog.
  • Semakin Rajin Update
Adanya domain TLD  pasti semakin rajin dalam mengelola dan update artikel baru, :v true story dari mimin haha. Itu terjadi karena biaya beli domain serta perpanjangan nantinya yang tidak murah, yang faktanya kalian pasti tidak mau merasa rugi :v dan membuat semakin rajin dalam mempublikasikan artikel baru.
  • Meningkatkan Harga Jual Blog
Hal ini mungkin berlaku untuk kita yang mulai bosan dalam mengelola suatu blog atau bisa jadi menjual blog memang menjadi tujuan kita sejak awal. Jika kalian sedang kepikiran untuk menjual blog, maka domain  TLD dapat membantu melambungkan harga jual suatu website/blog.

Bahkan harga jual bisa berkali-kali lipat lebih tinggi dari saat anda membeli domain tersebut walaupun blog anda belum terisi atau blog kosong, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan calon pembeli benar-benar menginginkan domain kita, atau karena katakanlah kebetulan nama domain anda sama atau sesuai dengan nama perusahaan calon pembeli dan ingin menjadikan domain anda sebagai domain website perusahaan mereka.

   Menurut mimin tidak ada salahnya jika ingin mengganti blog kalian yang menggunakan subdomain ke domain TLD terutama apabila kalian memutuskan untuk konsisten menjalankan dan merawat blog kalian ataupun bisnis blog dalam hal ini jual - beli blog. Oke jadi gimana tertarik merubah haluan dengan syarat konsistensi tentunya kayak mimin :'v sok lu min haha, sekian jika ada kekurangan mohon maaf terima kasih dan jangan sungkan untuk bertanya. Share jika menurut kalian artikel ini menarik :D

Wassalamualaikum wr.wb

Postingan terkait:

9 Tanggapan untuk "Top Level Domain : Pengertian, Fungsi serta Kelebihan Domain TLD"

  1. Replies
    1. kisaran 100rb an gan tapi ada yang murah kok, kadang ada diskon juga. kalo sabar mending tunggu diskon aja :v

      Delete
  2. Wah sepertinya memang harus buru buru ganti domain TLD ini. Soalnya saya terkadang merasa malas dalam melakukan update artikel. Dan membaca artikel ini tepat pada poin Semakin Rajin Update menjadikan motivasi tersendiri untuk saya. Terimakasih untuk artikelnya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sob, semoga semangat menulisnya makin membara hihi

      Delete
  3. Satu lagi, lebih mudah lolos review kedua Adsense

    ReplyDelete
  4. Mau ganti tld tapi bingung antara .net sama .com :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bagusnya kok gan, kebanyakan sih pada suka domain .com (y)

      Delete

Rule Comments :

1. Komentar relevan (Sesuai dengan Topik).
2. Dilarang copas Artikel tanpa izin, hargai Penulis.
3. Dilarang spam.
4. Tidak boleh menaruh link, hidup ataupun mati.

Udah baca kan, Laksanakan ya sob :)