Cara Mengetahui Blog Sudah Terindex atau Belum

logo

Assalamualaikum wr.wb

   Halo sobat blogger newbie kayak mimin :'v Berbagi kalau Mood akan memberikan ilmu kaitannya dengan blogger yaitu Cara Melihat Blog Sudah Terindex atau Belum, ada yang sudah tau apa itu index dalam dunia blogging? yak, Index dalam Blog adalah daftar bagian - bagian penting yang terdapat pada sebuah blog (seperti alamat url blog, postingan, link, content, dsb) yang disimpan atau dirayapi (crawl) oleh mesin pencari atau Search Engine (Google, Bing, Yahoo, dll).
   Lalu apa manfaat dari terindex nya blog kita? manfaatnya tidak lain dan tidak bukan :D adalah untuk mendapatkan pengunjung untuk mengunjungi blog kita, semakin banyak artikel atau konten yang terindex pada mesin pencari, maka semakin banyak pula pengunjung yang datang.
Mengapa blog kita belum terindex mesin pencari?
   Ada 3 kemungkinan jika blog tidak muncul di hasil pencarian Search Engine. Pertama, artikel kita memang belum terindex sama sekali, kedua sudah teridex namun masih sebagian kecil dan terakhir sudah terindex namun berada pada posisi buncit di akhir pencarian search engine. Nah gimana caranya mengetahui blog terindex atau belum?
Cara Mengetahui Blog Sudah Terindex atau Belum
#GOOGLE WEBMASTER TOOLS
Google Webmaster Tools, yang sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan Google Search Console (GSC) adalah tools milik google yang digunakan untuk memonitoring dan pengaturan suatu situs web mengenai analisis web tersebut secara lengkap dan detail. Tidak semua blog termonitori oleh GWT / GSC, untuk dapat menikmati fiur GWT tentunya harus mendaftarkan blog kita ke GWT, jika kalian belum mendaftarkan blog ke google webmaster coba Cara Mudah Daftar dan Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools.
Baca juga : Cara Cek Ranking Blog atau Website
1. Menggunakan ke web GWT dan pilih blog yang akan dilihat (jika blog anda lebih dari 1) :v 
2. Masuk ke menu Perayapan (Crawl) lalu pilih Sitemap
3. Detailnya bisa dilihat seperti gambar dibawah :)

1

#Mencari Index Blog dengan Mesin Telusur Google
1. Buka GOOGLE
2. Ketikkan "site:nama_blog.domain" tanpa tanda petik
3. Contoh blog mimin yakni site:muhnashi.com. informasi lengkap lihat gambar dibawah

2

   Gimana mudah bukan? apakah blog kalian sudah terindex? jika ada yang kurang jelas jangan diam saja :D tanyakan dikomlom komentar siapa tau mimin atau temen lain bisa membantu meyelesaikan persoalan (y), terima kasih telah berkunjung. Salam blogger

Wassalamualaikum wr.wb

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mengetahui Blog Sudah Terindex atau Belum"

  1. Kalo cara praktis mengetahui tautan situs ( eksternal link ), misalnya "link:myblog.domain"gmn bro...?
    Thank's.. Running Text

    ReplyDelete

Rule Comments :

1. Komentar relevan (Sesuai dengan Topik).
2. Dilarang copas Artikel tanpa izin, hargai Penulis.
3. Dilarang spam.
4. Tidak boleh menaruh link, hidup ataupun mati.

Udah baca kan, Laksanakan ya sob :)