Cara Mudah Cek Kecepatan Loading Blog atau Website

logo

Assalamualaikum wr.wb

   Kecepatan Loading sebuah blog atau website merupakan salah satu faktor dalam memilih suatu template, mimin sendiri udah ganti template lebih dari 10x :v . Selain tidak sesuai yang diharapkan, speed blog juga terbilang rendah. Desain berlebihan seperti banyak widget, css, javascript, dan image, jelas membuat situs terasa berat dan berdampak pada kecepatan loading blog. Selain itu, kecepatan loading juga berpengaruh pada SEO suatu situs. Semakin cepat atau ringan loading blog, semakin bagus SEO nya.
   Lantas mengapa perlu merhatiin loading speed min? ada 2 faktor yang menjadi pertimbangan, yaitu Meskipun jaringan akses internet di indonesia sudah berada pada level 4G namun pada kenyataannya hal tersebut belumlah merata, masih banyak daerah - daerah yang minim akses internet. Maka dari itu loading speed menjadi penting untuk user yang minim kuota :v atau akses internet. Yang kedua adalah "Speed is Rank" karena, Google menjadikan kecepatan sebagai salah satu faktor peringkat web atau blog. Jadi, makin cepat blog, makin tinggi presentase posisi di hasil pencarian mbah gugel, begitu juga sebaliknya. Untuk mengukur kecepatan loading blog kita akan menggunakan tools yang sangat populer dan umum digunakan para blogger, yaitu GTMetrix.
   GTMetrix merupakan layanan yang biasa dipakai untuk mengecek analisis kecepatan suatu blog atau web. Speed result terdiri atas Pagespeed (google) dan Yslow (yahoo). GTmetrix akan mengukur kecepatan web / blog dan menampilkan hasilnya secara detail. Point penilaian GTMetrix adalah A sampai F. Skor A = sangat bagus, sebaliknya dengan F. Untuk mendapatkan point A, skor kita harus diatas 90, kayak mimin :'v. Oke langsung saja tanpa panjang lebar kita masuk tahap langkah kerjanya :D


Cara Mudah Cek Kecepatan Loading Blog atau Website dengan GTMetrix

1. Masuk pada halaman GTMetrix, lalu masukkan URL yang ingin dicek. klik Analyze
2. Seperti inilah hasil result Analisis blog mimin :)

1
3. Dibawah merupakan parameter tentang hasil result diatas

2
   Sangat mudah penggunaannya kan? jadi, berapa speed blog kalian? :) jika ada yang ingin ditanyakan mimin tunggu dikolom komentar (y), terima kasih sudah berkunjung bantu share yak.

Wassalamualaikum wr.wb

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Cara Mudah Cek Kecepatan Loading Blog atau Website"

  1. Kalau speed B dan C bagus tidak sih?

    ReplyDelete
  2. Barangkali ada tombol share yg responsiv dan cepet loading di mobile ataupun di web bos...?
    Thank's... from Running Text

    ReplyDelete

Rule Comments :

1. Komentar relevan (Sesuai dengan Topik).
2. Dilarang copas Artikel tanpa izin, hargai Penulis.
3. Dilarang spam.
4. Tidak boleh menaruh link, hidup ataupun mati.

Udah baca kan, Laksanakan ya sob :)